Rahasia Orang Kaya, 5 Aset Ini Wajib Kamu Miliki

idn – Sebelum kamu mengetahui apa saja yang menjadi rahasia orang kaya. Kami mengingatkan, bahwa semua ini tidak pernah diajarkan di sekolah sekalipun. Sekolah hanya mengajarkan kita bagaimana menjadi karyawan dan robot.

Baiklah, tanpa banyak basa basi lagi. Mari kita simak apa saja yang menjadi rahasia orang kaya serta 5 aset yang wajib kamu miliki.

 

Bisnis / Wirausaha

Sayangnya sekolah tidak pernah mengajarkan hal tersebut. Walaupun ada beberapa sekolah khusus yang mengajarkan tentang wirausaha, namun pelajaran tersebut tidak diajarkan oleh guru/dosen yang tidak merasakan suka dan duka menjadi seorang wirausahawan.

Hal yang paling umum tentang ilmu wirausaha biasanya diwariskan secara turun temurun, namun tidak sedikit juga seseorang yang sukses beriwarausaha dengan belajar secara otodidak.

 

Real Estate / Properti

Lagi-lagi ilmu tentang real estate tidak pernah diajarkan di sekolah. Kita hanya bisa mendapatkan ilmu ini secara langsung di lapangan melalu trial and error.

Kita beruntung tinggal di negara Indonesia, kenapa begitu?

Populasi yang terus meningkat di Indonesia membuat kebutuhan akan properti juga semakin tinggi. Sesuai hukum ekonomi, permintaan yang semakin meningkat akan berbanding lurus dengan harga komoditi tersebut.

Keuntungan dari real estate ialah memiliki faktor pemaaf yang cukup tinggi. Apa itu faktor pemaaf?

Itu faktor yang jika kita salah membeli properti maka tidak apa-apa, sehubungan dengan semakin meningkatnya harga properti di Indonesia maka kita tidak akan mengalami kerugian sekalipun salah dalam membeli properti.

 

Paper Asset

Aset ini berupa saham, reksadana, obligasi, cryptocurrency, dan lain sebagainya. Dengan membeli saham, kita memiliki sebagian kecil porsi dari perusahaan yang kita beli.

Berbeda dengan properti, paper asset tidak memiliki faktor pemaaf, dimana kita bisa bangkrut bahkan dalam waktu semalam.

Di dalam saham kita bisa bangkrut secara instan, dan menjadi kaya secara instan.

 

Internet

Ini merupakan sebuah aset yang tidak banyak orang tahu, terutama mereka yang lahir di bawah tahun 1990an atau yang biasa kita sebut dengan generasi “baby boomer”. Banyak platform di internet yang membayar kita untuk beberapa aktivitas iseng yang kita lakukan, seperti youtube, instagram, facebook, dan sebagainya.

Mereka yang berhasil membangun aset di internet memiliki penghasilan yang gila-gilaan, sebutlah salah satunya youtuber terkenal PewDiePie. Dia memiliki penghasilan 15juta dolar per tahun, setara 225 miliar setahun.

Bagi mereka yang tidak terlalu paham di bidang internet, aset internet tetap harus dibangun. Misalnya, jika memiliki bisnis setidaknya juga memiliki akun media sosial yang dikelola secara profesional.

Di internet kita bisa menjual apapun, terlepas apapun bahasa mereka.

 

Practical Intelligence / Keahlian

Dari keempat aset di atas, semua hanya dapat kamu jalankan jika memiliki keahlian yang disebut practical intelligence. Apakah itu?

Ini merupakan sebuah keahlian dalam melihat, menganalisa, dan memutuskan suatu masalah berdasarkan situasi tertentu.

Practical intelligence sendiri terbagi ke beberapa bidang keahlian, yaitu teamwork, problem solving, leadership, komunikasi, dan kemampuan persuasi.

Aset ini merupakan pangkal dari semua aset yang kami sebutkan di atas. Jika kamu memiliki aset ini, kamu bisa menjadi seorang wirausahawan yang bijak, efektif, dan produktif dibandingkan yang lain.

 

Nah itulah tadi beberapa rahasia orang kaya dan beberapa aset yang wajib kamu miliki.

 

Sumber: Angga Andinata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *