Penerapan PPKM Level 3 Batal di Seluruh Indonesia Saat Nataru

penerapan ppkm level 3

idnKemenko Marves mengumumkan bahwa pemerintah resmi membatalkan penerapan PPKM level 3 di seluruh Indonesia pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Walaupun penerapan PPKM level 3 dibatalkan, pemerintah melarang perayaan tahun baru di hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata dan tempat umum lainnya.

Sementara itu, pusat perbelanjaan, restoran, bioskop dan tempat wisata diizinkan untuk beroperasi dengan kapasitas maksimal 75%. Sebelumnya, jika PPKM level 3 berlaku makan kapasitas nya akan turun ke angka 50%.

Untuk penerbangan domestik, penumpang minimal sudah menerima 1 dosis vaksin Covid-19 dan wajib mempunyai hasil negatif PCR maksimal 3×24 jam sebelum penerbangan atau antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Ini tidak berbeda jika PPKM Level 3 diberlakukan.

Kementerian Perhubungan mengungkapkan bahwa peraturan ganjil-genap selama masa Nataru juga akan disesuaikan, dan akan diumumkan secepatnya pada minggu ini.

Batalnya aturan PPKM level 3 pada masa Nataru berpotensi membantu para pemilik pusat perbelanjaan, bioskop, pengusaha ritel, dan restoran.

Hal ini akan membantu kelanjutan dari pemulihan perekonomian yang sebelumnya diproyeksikan akan terhambat akibat aturan PPKM level 3 pada masa Nataru.

“Indonesia sejauh ini berhasil menekan angka kasus konfirmasi Covid-19 harian dengan stabil di bawah angka 400 kasus. Kasus aktif dan jumlah yang dirawat di RS menunjukkan tren penurunan dalam beberapa hari ke belakang,” ucap Luhut dilansir dari laman resmi Kemenko Marves pada Selasa (7/12/2021).

Artikel yang Direkomendasikan