Pencapaian Bitcoin Selama 13 Tahun

pencapaian bitcoin

idn – Tiga belas tahun yang lalu hari ini, bitcoin secara resmi diluncurkan setelah apa yang dikenal sebagai Genesis Block yang ditambang. Sebelum melihat pencapaian apa saja yang telah diraih bitcoin, ada baiknya kita flashback sejenak.

Meskipun whitepaper bitcoin dirilis oleh Satoshi Nakamoto, nama samaran yang digunakan oleh pencipta atau pencipta bitcoin. Pada 28 Oktober 2008, banyak yang mengatakan tanggal pembuatannya 3 Januari 2009 merupakan hari ulang tahun cryptocurrency.

Terlepas dari larangan lain dari China , peningkatan pengawasan peraturan dan volatilitas liar, bitcoin memiliki rekor tahun 2021 di banyak akun. Tahun lalu menandai dimulainya adopsi arus utama untuk bitcoin dengan beberapa yang pertama, termasuk harga tertinggi sepanjang masa dan hashrate, antara lain.

Kepercayaan pada bitcoin tumbuh dengan dukungan investor institusi dan ritel sepanjang tahun 2021. Sekarang mata uang kripto terbesar berdasarkan nilai pasar , bitcoin telah menjadi dikenal sebagai sistem keuangan peer-to-peer. Its pendukung melihatnya sebagai lindung nilai terhadap inflasi, emas digital dan mata uang yang layak.

Namun perlu diingat bahwa para kritikusnya masih berpendapat bahwa bitcoin adalah aset yang berisiko dan spekulatif. Para ahli umumnya menyarankan untuk berinvestasi tidak lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan.

Berikut adalah delapan pencapaian bitcoin dari tahun lalu

1. Nilai pasar Bitcoin melampaui $1 triliun untuk pertama kalinya

Pada 19 Februari, bitcoin mencapai nilai pasar $ 1 triliun untuk pertama kalinya.

Tonggak sejarah datang setelah investor institusional besar dan perusahaan keuangan terkemuka mulai mendukung cryptocurrency di awal tahun.

Perusahaan termasuk Tesla, Square dan MicroStrategy mulai menggunakan neraca mereka untuk membeli bitcoin.

2. Morgan Stanley menawarkan klien kaya akses ke dana bitcoin

Pada bulan Maret, Morgan Stanley menjadi bank besar AS pertama yang menawarkan kliennya akses ke dana bitcoin, CNBC secara eksklusif belajar.

Setelah kliennya “menuntut eksposur ke bitcoin,” bank investasi meluncurkan akses ke tiga dana yang memungkinkan kepemilikan bitcoin.

3. El Salvador mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah

Pada bulan Juni, El Salvador mengeluarkan undang-undang baru untuk mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, menjadi negara pertama yang melakukannya.

Undang-undang mengizinkan bitcoin untuk digunakan sebagai pembayaran barang dan pajak di El Salvador. Bisnis dapat memberi harga barang-barang mereka dalam bitcoin, dan pertukaran tidak akan dikenakan pajak capital gain, CNBC melaporkan .

4. ETF bitcoin berbasis berjangka AS pertama diluncurkan

Pada bulan Oktober, ETF bitcoin berbasis masa depan ProShares melakukan debut pasarnya di Bursa Efek New York di bawah ticker “BITO.”

ETF bitcoin berjangka melacak kontrak yang berspekulasi tentang harga aset digital di masa depan , daripada harga saat ini atau “harga spot” dari cryptocurrency itu sendiri. Akibatnya, harga ETF dan bitcoin tidak selalu cocok.

Meskipun demikian, ETF bitcoin berjangka ProShares melihat salah satu “hari pertama terbesar dalam catatan untuk ETF,” CNBC melaporkan .

5. Harga bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa

Tepat setelah nilai seluruh pasar cryptocurrency melampaui $3 triliun pada bulan November, harga bitcoin mencapai rekor baru.

Pada 10 November, bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa di atas $69.044 , menurut CoinGecko.

6. Peningkatan bitcoin pertama dalam empat tahun diaktifkan

Taproot, peningkatan yang sangat diantisipasi ke bitcoin , juga mulai berlaku pada bulan November. Itu adalah peningkatan besar pertama bitcoin sejak 2017.

Taproot memperkenalkan apa yang disebut tanda tangan Schnorr, yang membantu transaksi bitcoin menjadi lebih pribadi dan efisien, serta lebih murah. Yang paling penting, peningkatan yang lebih baik memungkinkan bitcoin untuk mengeksekusi kontrak pintar, atau kumpulan kode yang menjalankan serangkaian instruksi di blockchain.

7. 90% dari total pasokan bitcoin telah ditambang

Pada Desember, 90% dari total pasokan bitcoin 21 juta telah ditambang, menurut data dari Blockchain.com .

Sisanya diperkirakan tidak akan ditambang hingga Februari 2140. Hingga saat itu, penambang dapat terus mendapatkan bitcoin.

Bitcoin beroperasi pada model bukti kerja, yang berarti bahwa penambang harus bersaing untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks untuk memvalidasi transaksi. Ini bukan proses yang mudah — mencapai pencapaian 90% membutuhkan waktu 12 tahun.

8. Hashrate Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa

Pada hari Minggu, hashrate bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa 203,5 exahash per detik , Decrypt melaporkan dengan data dari situs statistik cryptocurrency BitInfoCharts.

Hashrate adalah metrik utama saat menilai kekuatan blockchain. Ini mewakili jumlah total daya komputasi yang digunakan oleh penambang untuk mencetak bitcoin baru, tetapi hashrate yang lebih tinggi juga berarti bahwa jaringan lebih kuat, lebih aman, dan tahan terhadap potensi serangan.

Sumber: CNBC

Artikel yang Direkomendasikan