Koin TKO, Cryptocurrency Masa Depan Indonesia

idnToko Token atau yang lebih kita kenal dengan sebutan koin TKO merupakan koin asli pertama dari Indonesia. Token ini secara resmi oleh dikeluarkan oleh Exchange Aset Kripto di Indonesia, yakni Tokocrypto. Koin ini digadang-gadang akan menjadi cryptocurrency masa depan Indonesia.

Semenjak peluncurannya pada tanggal 7 April lalu yang cukup menyita perhatian publik, khususnya para pemain cyrptocurrency. Bagaimana tidak, koin yang bergerak di bawah jaringan Binance Smartchain ini langsung melesat 10.000% di hari pertamanya listing.

Harga awal koin TKO di hari pertama hanyalah sekitar Rp 1500 langsung melesat naik, seolah ingin meninggalkan jejak di All Time High (ATH) nya yang pertama, yakni sekitar Rp 150.000 an. Hingga kemudian mengalami koreksi beberapa saat di sekitaran harga Rp 28.000 – 35.000.

Tidak dapat kita pungkiri, hampir semua koin yang berada di dalam jaringan Binance memiliki fundamental yang cukup kuat. Dengan kata lain, koin tersebut memiliki masa depan yang cerah.

Hal ini terbukti dengan keberhasilan koin dari Binance, BNB. Koin ini sempat menyentuh angka Rp 9 juta ke atas. Lalu apa hubungannya dengan TKO dan Tokocrypto? Mari kita bahas.

 

Tokocrypto dan Binance

Tokocrypto berdiri sejak Juni 2017, oleh sekelompok antusias cryptocurrency yang bertujuan untuk memanfaatkan teknologi blockchain demi kebaikan masyarakat. Serta memiliki misi menjadikan Tokocrypto sebagai exchange terdepan di Asia Tenggara.

Kita semua tahu, bahwa Tokocrypto disokong penuh oleh Binance. Yang mana Binance merupaka exchange kripto terbesar di dunia. Jika melihat hal tersebut,  bukan tidak mungkin jika suatu hari Tokocrypto akan menjadi sebesar Binance, khususnya di Indonesia. Begitu pula dengan Token yang dikeluarkannya, yaitu TKO.

Kemudian, jika kita berkaca dari pendahulunya, koin Binance atau yang lebih kita kenal dengan sebutan BNB. Ini bukan hal yang mustahil bahwa TKO akan mengecap kesuksesan yang sama.

 

Sekilas Tentang Koin BNB

Koin BNB listing pada awal November 2017, harganya kala itu sekitar Rp 7 ribu – 11 ribu. Namun fundamental yang kuat membuat koin BNB mengalami beberapa perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Terbukti dari angka yang sekarang kita lihat di beberapa exchange. Dalam 4 tahun terakhir BNB mengalami perubahan yang bombastis. Semoga TKO akan mengikuti jejaknya di masa mendatang.

 

Koin TKO Menyentuh ATH Terbarunya

Sejak 3 Mei 2021, tepatnya sekitar pukul 1 dini hari, koin TKO mengalami lonjakan yang cukup drastis. Pada awalnya yang hanya berjalan di sekitaran posisi harga Rp 40 – 45 ribu tiba-tiba langsung melesat tajam dalam beberapa jam.

TKO mencapai harga tertinggi sekitar Rp 72.000-an. Beberapa analis kripto mulai menganalisa laju pergerakan koin asli Indonesia ini.

Mereka yakin bahwa TKO akan terbang ke angka Rp 75.000 dalam beberapa waktu dekat, hingga akhirnya menyentuh ATH yang pernah dibuat, yakni sekitar Rp 150.000-an.

 

Koreksi Dalam = Diskon Besar-besaran

Kini TKO masih mengalami koreksi yang cukup dalam, FUD yang dilakukan oleh beberapa media membuat sentimen negatif pasar semakin menjadi-jadi. Namun, TKO masih bertahan. Bahkan banyak holder TKO masih berharap bahwa ini merupakan kripto masa depan Indonesia.

Selain itu, turunnya harga bitcoin memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap turunnya harga TKO. Namun bagi investor jangka panjang ini bukanlah masalah besar. TKO yang baru seumur jagung masih memiliki perjalanan yang cukup panjang.

Saat ini harga TKO masih berkisar Rp20 ribuan. Bagi investor jangka panjang, koreksi yang cukup dalam seperti sekarang bukanlah suatu kemunduran. Ini merupakan kesempatan besar bagi mereka yang telat masuk saat TKO baru listing.

 

Teknologi Blockchain dan TKO di Masa Depan

Blockchain merupakan teknologi yang terbilang hampir sempurna. Pelan tapi pasti, Indonesia akan melek dengan teknologi ini kemudian mengadopsinya. Hubungan blockchain dan cryptocurrency, sudah pernah kami tulis di artikel Mengenal Bitcoin, Cryptocurrency dan Sistem Keuangan Masa Depan.

Bayangkan jika teknologi blockchain sudah diadopsi oleh pemerintah Indonesia, maka iklim perdagangan cryptocurrency akan semakin membaik. Saya yakin, segala hal akan menjadi lebih mudah dan menjadi lebih baik.

Kemudian, apa hubungannya dengan TKO?

Sistem blockchain yang sudah mulai teradopsi, secara tidak langsung akan berpengaruh besar terhadap cryptocurrenct, khususnya TKO. Jika hal ini terwujud, bukan hal yang mustahil bahwa TKO dan beberapa Cryptocurrency tidak hanya sekadar aset belaka. Mungkin bisa lebih dari itu.

Transaksi di Tokocrypto semakin mudah dengan munculnya stable coin BIDR. Koin ini memiliki nilai 1:1 dengan Rupiah saat ini. Bahkan minimum deposit di Tokocrypto hanya Rp 50 ribu.

Saya pribadi sebagai investor kecil sangat terbantu dengan hal tersebut, dengan hanya 5o ribu kita sudah dapat melakukan investasi di cryptocurrency.

 

Kenapa Berinvestasi di Cryptocurrency?

Sebenarnya ada banyak instrumen dan aset untuk kita pakai sebagai media investasi. Seperti saham, reksadana, dan banyak lainnya. Namun kenapa cryptocurrency?

Satu hal yang pasti, cryptocurrency adalah masa depan. Cryptocurrency dan blockchain merupakan teknologi masa depan. Sama halnya seperti internet di awal tahun 1990-an. Tidak banyak yang melirik, namun lihat yang terjadi sekarang. Hampir semua aspek dan kegiatan kita sehari-hari menggunakan internet, terlebih bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Menurut data, saat ini masih sekitar 3,6% dari seluruh populasi penduduk dunia yang menggunakan cryptocurrency. Perjalanan cryptocurrency masih terlalu panjang. Maka, tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun transisi sistem blockchain dan cryptocurrency.

Bahkan, beberapa waktu belakangan bukan rahasia lagi bahwa banyak instansi dan beberapa investor terkenal di luar negeri yang masuk serta berbondong-bondong membeli aset kripto favoritnya.

Saya rasa hal inilah yang menjadi salah satu penyebab merosotnya harga kripto beberapa waktu yang lalu. Mereka tidak ingin ketinggalan untuk mengambil bagian dalam sejarah blockchain di masa yang akan datang.

 

Investasi Cryptocurrency? Ini yang Perlu Kamu Persiapkan

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dalam berinvestasi cryptocurrency, antara lain ialah:

  • Uang Dingin

Yang dimaksud dengan uang dingin ialah bukan uang yang akan kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Bukan uang dapur, uang makan, uang rokok, dan lain sebagainya.

Salah satu hal penting kenapa kamu harus menggunakan uang dingin saat berinvestasi cryptocurrency ialah dikarenakan pergerakan harga di pasar kripto yang fluktuatif. Bukanlah hal yang disarankan jika kamu bertransaksi ataupun berinvestasi menggunakan uang panas.

 

  • Memilih Exchange

Ini merupakan hal yang cukup penting, memilih exchange yang baik untuk tempat kita bertransaksi ibarat memilih lemari pakaian. Kenyamanan dalam bertransaksi cryptocurrency juga dipengaruhi oleh exchange yang kita gunakan.

Untuk di Indonesia, ada baiknya memilih exchange yang sudah diawasi dan dijamin oleh pemerintah. Tentu saja hal tersebut guna untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

 

  • Memilih Koin / Token

Nah, ini adalah bagian yang cukup penting. Memilih koin atau token akan berpengaruh nantinya terhadap perkembangan aset yang kita miliki. Apakah akan berkembang atau hanya jalan di tempat.

Pilihlah koin atau token yang memiliki fudamental yang kuat serta roadmap yang jelas.

 

  • Mental

Dalam bertransaksi di pasar kripto, selain menganalisa koin atau token secara fundamental. Kita sebagai investor juga perlu memiliki mental yang tahan banting. Karena bukan tindak mungkin suatu saat harga yang kita beli akan di banting hingga mengalami floating loss hingga puluhan persen. Seperti yang terjadi sekarang.

Seorang kawan pernah berkata, “Trading cryptocurrency itu 20% analisa, 80% mental yang kuat”.

 

Jadi, kamu siap untuk trading dan berinvestasi? yuk, langsung aja daftar di Tokocrypto.

Salam to the moon!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *