11 Istilah di Dalam Dunia Kripto yang Harus Kamu Tahu!

idn – Jika kamu adalah orang yang baru terjun ke dalam dunia kripto, kamu akan menemui beberapa istilah di dalam dunia kripto yang jarang didengar dan diucapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu? yuk, simak penjabaran di bawah ini.

 

Fear, Uncertainty, and Doubt (FUD): Ketakutan, Ketidakpastian, dan Keraguan

Ini merupakan strategi untuk menyebarkan ketakutan dan informasi yang salah untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun tidak secara eksklusif di dalam istilah perdagangan, FUD sering digunakan dalam konteks pasar keuangan.

FUD adalah strategi yang bertujuan untuk mendiskreditkan perusahaan, produk, atau proyek tertentu dengan menyebarkan informasi yang salah tentangnya.

Tujuannya adalah untuk menanamkan rasa takut dan mendapatkan keuntungan. Ini bisa menjadi keunggulan kompetitif atau taktis atau mengambil untung dari penurunan harga saham yang disebabkan oleh berita yang berpotensi merusak. Contohnya seperti yang dilakukan oleh CNBC dan kawan-kawannya.

 

Fear Of Missing Out (FOMO): Rasa Takut akan Ketertinggalan

FOMO merupakan emosi dan panik yang kamu rasakan ketika membeli aset, karena takut kehilangan peluang keuntungan. Karena ada emosi berat yang terlibat, FOMO oleh sejumlah besar orang dapat menyebabkan pergerakan harga parabola.

Investor “FOMO-ing” dari aset ke aset dalam permainan kursi musik sering dapat menandakan tahap selanjutnya dari pasar bullish.

 

HODL: Beli dan Tahan Untuk Waktu yang Lama

HODL adalah istilah yang berasal dari kesalahan ejaan “hold” atau “tahan” yang mengacu pada strategi beli dan tahan dalam konteks Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. HODL adalah singkatan dari hold on for dear life.

Istilah HODL (atau hodl) berasal dari tahun 2013 lewat unggahan di forum bitcointalk. Pada saat itu, harga Bitcoin telah melonjak dari di bawah US$15 pada Januari 2013 ke level tertinggi lebih dari US$1.100 pada awal Desember 2013.

 

BUIDL: Tundukkan Kepala dan Bangun Sistem Keuangan Berikutnya

BUIDL adalah istilah turunan dari HODL. Biasanya menggambarkan peserta industri cryptocurrency yang terus membangun, terlepas dari fluktuasi harga.

Ide utamanya adalah bahwa penganut sejati industri kripto terus membangun ekosistem terlepas dari penurunan harga pasar yang brutal.

BUIDL merupakan pola pikir yang bertujuan untuk memberikan contoh bahwa cryptocurrency bukan hanya tentang spekulasi, akan tetapi juga tentang membawa teknologi ini ke khalayak ramai. Ini bertindak sebagai pengingat untuk menundukkan kepala dan terus membangun infrastruktur yang dapat melayani miliaran orang dengan sangat baik di masa depan.

Selain itu, BUIDLers memahami bahwa tim yang terus membangun dengan pola pikir jangka panjang kemungkinan besar akan berhasil dalam jangka panjang.

 

SAFU: Dana Aman

SAFU berasal dari meme yang diunggah oleh Bizonacci. Ini mengacu kepada CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ), untuk mengatakan “dana aman” selama pemeliharaan platform yang tidak terjadwal.

 

Return on Investment (ROI): Uang yang Kamu Hasilkan atau Hilangkan

Ini adalah cara untuk mengukur kinerja investasi. ROI mengukur pengembalian investasi relatif terhadap biaya awal. Ini juga cara yang mudah untuk membandingkan kinerja investasi yang berbeda.

Berikut cara menghitung ROI,

ROI = Nilai Saat Ini – Biaya Asli

 

All-Time High (ATH): Harga Tertinggi yang Pernah Tercatat

Istilah di dalam dunia kripto lainnya ialah ATH. Sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahui istilah ini. ATH adalah harga tertinggi yang tercatat dari suatu aset di dalam sepanjang waktu.

Salah satu aspek menarik dari sebuah aset yang mencapai ATH adalah gagasan bahwa hampir setiap orang yang pernah membeli mendapatkan keuntungan.

 

All-Time Low (ATL): Harga Terendah yang Pernah Tercatat

Kebalikan dari ATH, All-Time Low (ATL), adalah harga terendah dari suatu aset sepanjang waktu.

Hal ini dapat menyebabkan efek yang sama seperti saat menembus ATH, tetapi dalam arah yang berlawanan. Banyak stop order dapat terpicu ketika ATL sebelumnya ditembus, yang mana mengarah ke penurunan tajam.

 

Do Your Own Research (DYOR): Jangan Percaya, Verifikasi!

Ketika berbicara tentang pasar keuangan, DYOR adalah istilah yang terkait erat dengan Analisis Fundamental (FA). Ini berarti bahwa investor harus melakukan penelitian secara mandiri ke dalam investasi mereka dan tidak bergantung kepada orang lain untuk melakukannya untuk mereka.

“Jangan percaya, verifikasi” adalah frasa yang umum digunakan di pasar mata uang kripto dengan arti serupa.

Investor paling sukses akan melakukan penelitian mereka sendiri dan mengambil kesimpulan sendiri. Karena itu, siapa pun yang ingin sukses di pasar keuangan harus membuat strategi perdagangan unik mereka sendiri.

 

Anti Money Loundering (AML): Peraturan yang Mencegah Tindak Pencucian Uang

AML mengacu kepada sejumlah peraturan, undang-undang, dan prosedur yang bertujuan untuk mencegah penjahat menyamarkan uang yang diperoleh secara ilegal sebagai pendapatan yang sah.

Prosedur AML mempersulit para penjahat untuk “mencuci” uang mereka hingga bersih dengan menyembunyikan atau menyamarkannya sebagai berasal dari sumber yang sah.

Penjahat akan selalu mencari cara untuk menyembunyikan sumber dana mereka yang sebenarnya. Karena kompleksitas pasar keuangan, ada banyak cara berbeda untuk melakukannya.

Peraturan AML mewajibkan lembaga keuangan seperti bank untuk memantau transaksi nasabahnya dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan. Dengan cara ini, penjahat cenderung tidak lolos dari pencucian dana yang diperoleh secara ilegal.

 

Know Your Customer (KYC): Verifikasi Identitas

Bursa saham dan platform perdagangan harus mematuhi pedoman nasional dan internasional. Misalnya, Bursa Efek New York (NYSE) dan NASDAQ harus mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Begitu juga yang ada di Indonesia.

KYC adalah untuk memastikan bahwa lembaga yang memfasilitasi perdagangan instrumen keuangan dengan memverifikasi identitas pelanggan mereka. Mengapa ini penting?

Alasan utama di baliknya adalah untuk meminimalkan risiko pencucian uang. Selain itu, regulasi KYC tidak hanya berlaku bagi peserta industri keuangan. Banyak segmen lain yang juga harus mematuhi pedoman ini. Pedoman KYC umumnya merupakan bagian dari kebijakan AML yang jauh lebih luas.

 

Itulah tadi 11 istilah di dalam dunia kripto yang mungkin saja wajib kamu ketahui.

Salam to the moon!

Sumber: Binance

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *