Indonesia Menguasai 40% Ekonomi Digital di Asean

indonesia menguasai

idn – Kepala Center of Digital Economy and SMEs INDEF, Eisha Rachbini mengatakan Indonesia menguasai 40% dari pertumbuhan di kawasan Asean yang tumbuh sebesar 49% (YoY) atau sekitar $70 miliar (Rp1.003 triliun). Artinya, Indonesia meraup Rp420 triliun dari ekonomi digital Asean.

“Kita menguasai 40 persen dari total Asia tenggara, dan ini bisa terus berkembang hingga US$146 miliar pada 2025.” Eisha Rachbini, Kepala Center of Digital Economy and SMEs INDEF.

Eisha optimis ekonomi digital Indonesia akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan karena Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar. Adapun ekonomi digital Indonesia masih didominasi oleh e-commerce dan online media.

Sementara itu, ekonomi digital di kawasan Asean diprediksi tumbuh sebesar $319 miliar pada 2025. Di mana sektor e-commerce diperkirakan menjadi penyumbang terbesar yang mencapai $120 miliar.

Disusul oleh sektor media online mencapai $22 miliar, dan sektor transportasi dan makanan sebesar $18 miliar.

Meski terdapat potensi ekonomi digital yang sangat besar, Eisha mengingatkan masyarakat perlu hati-hati. Sebab, digitalisasi ekonomi memiliki tantangan seperti kesiapan infrastruktur, literasi digital, dan literasi keuangan yang masih lemah.

Beberapa kelemahan itulah yang dapat dimanfaatkan oknum melalui investasi online bodong dengan iming-iming keuntungan cepat untuk menjebak korbannya.

Di sisi lain, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengungkapkan bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi digital tumbuh dikarenakan perubahan pola konsumsi masyarakat.

Terlepas dari itu, pemerintah berharap digitaliasasi ini mampu mendorong berbagai upaya pemerintah, terutama untuk mencegah korupsi, melalui peningkatan layanan digital di berbagai sektor layanan publik.

Artikel yang Direkomendasikan