Dogecoin: Sejarah dan Misi Terselubung

idn – Siapa yang tidak kenal dogecoin? Koin terlucu, ikonik, dan paling fenomenal di tahun ini. Hampir semua orang mengetahui koin ini. Bahkan mungkin mereka yang baru terjun ke dalam dunia kripto lebih mengetahui koin ini lebih dulu ketimbang koin lainnya. Kali ini kita akan ngebahas soal sejarah dan awal mula dogecoin, serta mengupas sedikit tentang misi terselubung dari koin fenomenal ini.

Sebelumnya, saya ucapkan selamat kepada kamu yang berhasil cuan di angka 0,74$ kemarin dan take profit. Kemudian, buat kamu yang lagi nyangkut, sabar aja yah karena belum mencapai angka yang diharapkan, yaitu 1$ . Bahkan saking fenomenalnya, sekarang dogecoin menduduki peringkat 5 besar di dalam coinmarketcap.

Namun, tahukah kamu sejarah awal pembuatan dogecoin? Mari kita simak artikel di bawah ini.

 

Sejarah Dogecoin

Dogecoin diciptakan pada tahun 2013 oleh Jackson Palmer, seorang karyawan dari Adobe System dan Billly Marcus. Pada awalnya, dogecoin hanyalah parodi dari cryptocurrency yang kemudian menjadi nyata. Kok bisa?

Jackson awalnya hanya membuat meme saja kemudian membeli domain dogecoin.com. Billy yang mengetahui hal tersebut kemudian memiliki ide gila untuk membuat koin ini menjadi nyata. Kemudian di tahun 2013, secara tidak sengaja koin ini menjadi koin kripto. Seketika itu, blockchain doge terbuka untuk para penambang yang ingin mendapatkan reward.

Hal lain yang cukup mengejutkan, ternyata dogecoin bukanlah token, melainkan koin kripto seutuhnya yang memiliki blockchainnya sendiri. Blockchain tersebut dikenal dengan nama dogechain.

Doge adalah hasil fork dari luckycoin. Developer dogecoin meng-copy source code dari luckycoin yang kemudian dimodifikasi. Luckycoin sendiri adalah fork dari litecoin, dan litecoin adalah fork dari bitcoin. Bis a kita simpulkan posisi dogecoin pada dasarnya sejajar dengan bitcoin sv ataupun bitcoincash.

Dogecoin ditulis dalam bahasa pemprograman C++, sama seperti bitcoin.

 

Misi Awal Developer Dogecoin

Developer doge memiliki misi yang jauh berbeda dengan developer koin lainnya. Dogecoin tidak memiliki impian untuk mengalahkan bitcoin, ataupun menggantikan posisi bitcoin. Berbeda dengan alt coin lainnya, yang berlomba-lomba menarik perhatian pasar, dogecoin sebaliknya.

Misi utama dogecoin ialah menjadi koin yang tidak diinginkan oleh pengguna. Oleh karena itu, Jackson Palmer dan Billy Marcus membuat sekonyol mungkin koin ini, aga orang-orang tidak menganggap proyek ini serius.

Tujuan penggunaannya hanya untuk memberikan tips kepada content creator ataupun pengguna internet yang sudah membuat konten digital.

 

Dogecoin To the Moon?

Pada april 2019, Elon Musk terpilih menjadi CEO dogecoin oleh para komunitas dogecoin. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang serius. Perlu diingat koin ini diciptakan untuk sekadar meme dan hiburan saja, otomatis CEO tersebut hanyalah untuk bahan bercandaan saja.

Entah bagaimana ceritanya, Elon Musk kemudian berkicau di twitter pribadinya dengan kalimat “Dogecoin my fav cryptocurrency”, bahkan mengubah bionya menjadi Former CEO of Dogecoin.

Sejak saat itu, setiap Elon Musk membahas doge, harganya selalu naik. Selama 2021, harga doge sudah naik sebanyak 9500%.

Kemudian, fenomena tersebut diikuti oleh influencer lainnya. Seorang pengguna tiktok mengajak penontonnya untuk membeli doge masing-masin gsebanyak 25$.

Dia mengatakan, “Beli doge 25$ dan kita bisa kaya bersama”. Selama 2 hari harga doge melesat tajam.

Jadi, kenaikan harga dogecoin bukanlah karena fundamentalnya. Namun, ini merupakan campur tangan para influencer terutama Elon Musk yang ikut memantik.

 

Kelebihan Dogecoin

  • Dipromosikan oleh Elon Musk dan Mark Cuban
  • Komunitas doge termasuk yang paling kuat
  • Dogecoin telah menjadi koin yang paling terkenal setelah bitcoin
  • Kita sudah bisa staking dogecoin di beberapa platform swap
  • Dogecoin mendukung merge mining
  • Transaksi lebih cepat dari bitcoin

 

Kelemahan Dogecoin

  • Dogecoin tidak mendukung smart contract
  • Kemungkinan Doge sudah mendekati puncaknya
  • Harga dipengaruhi oleh para influencer
  • Tidak memiliki suplai maksimal, hal ini dapat menyebabkan inflasi
  • Reward penambang sangat kecil
  • Secara fundamental, tidak ada yang spesial dari dogecoin

 

Misteri Bandar Dogecoin

Hal cukup mengejutkan ialah, 28% dogecoin dikuasai oleh 1 alamat wallet saja. Hal ini cukup riskan, jika pemilik 28% ini melakukan dump maka habislah 28% dogecoin dari marketcap. 28% dogecoin ini memiliki nilai 17 miliar US dollar. Serta, baru masuk pada Februari 2019, artinya ini bukanlah pemain lama dari dogecoin.

Kemungkinan besar pemilik dari 28% dogecoin adalah Elon Musk, namun hal tersebut hanyalah tebakan liar saja.

Peringkat ke dua ialah 3,8% dogecoin. Address waletnya terdaftar sejak 2014, kemungkinan besar ini adalah pemain lama dari dogecoin.

Peringkat ke tiga ialah 3 %. Ia baru masuk sekitar Februari 2021, bisa saja ini adalah perusahaan, manajer investasi, ataupun perbankan.

Peringkat ke empat, ini cukup unik nilainya sekitar 2,14% dogecoin, dan hanya membeli 1 kali saja senilai 1,3 miliar US dolar. Kemungkinan ini adalah hadiah yang diberikan oleh Elon Musk kepada ibunya pada hari ibu beberapa waktu yang lalu. Wallet ini baru masuk di bulan Mei 2021.

Pada tahun 2022, Elon akan meluncurkan proyek Doge-1 mission to the moon. Seluruh biayanya dibayar menggunakan dogecoin. Ini belum terjadi, baru sebatas cuitan Elon Musk.

Kira-kira apakah ini semua hanyalah prank dari Elon Musk atau ini adalah kode untuk kita hold sampai 2022?

Sumber: Angga Andinata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *