BAPPEBTI Resmi Tambah 154 Aset Crypto, Cek Asetmu Sekarang di sini!

154 aset crypto

idn – Bappebti resmi menambahkan 154 aset crypto baru yang legal diperdagangkan investor crypto Indonesia. Dengan penambahan itu, total terdapat 383 aset crypto yang terdaftar di Bappebti.

Aturan baru itu tertuang dalam Peraturan Bappebti (Perba) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Crypto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Crypto. Peraturan ini sekaligus mengganti Peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020.

Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko menegaskan bahwa aset crypto di luar daftar Bappebti wajib dilakukan delisting oleh exchange crypto yang beroperasi di Indonesia, diikuti langkah penyelesaian bagi setiap holder aset cryptonya.

“Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kepastian hukum agar masyarakat yang akan berinvestasi mendapatkan informasi dan panduan yang jelas atas setiap jenis aset crypto yang diperdagangkan.” Didid Noordiatmoko, Plt. Kepala Bappebti.

Didid menjelaskan bahwa aturan baru ini untuk mengakomodir kebutuhan exchange crypto, termasuk industri aset crypto di Indonesia. Ini karena jumlah pengguna dan volume transaksi aset crypto terus meningkat.

Adapun Perba mengadopsi pendekatan positive list yang berguna memperkecil risiko diperdagangkan aset crypto yang tidak memiliki kejelasan whitepaper atau yang memiliki tujuan ilegal seperti pencucian uang dan sebagainya.

Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan, Bappebti Aldison menjelaskan penilaian pengusulan aset crypto dilakukan oleh Tim Penilaian Daftar Aset Crypto yang beranggotakan Bappebti, asosiasi, dan pelaku usaha. Dengan begitu, proses penilaian akan lebih cepat dan akurat.

Untuk melihat daftar lengkap 383 aset crypto yang legal diperdagangkan, bisa langsung kunjungi link di bawah.

sk_kep_kepala_bappebti_2022_08_01_fx03j2mm_id.pdf

Artikel yang Direkomendasikan